16 Tahun Kegagalan

16 Tahun Kegagalan

Amsal 15:13-17

Hati yang gembira membuat muka berseri-seri,
tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.
Amsal 15:13

Salah satu hal penting untuk mencapai sebuah kesuksesan adalah sikap hati kita dalam menghadapi kegagalan. W.W. Ziege berkata, “Tidak ada yang dapat menghentikan orang yang punya sikap hati yang benar dalam meraih tujuannya; tapi orang dengan sikap hati salah, tidak tertolong. Mencapai sebuah tujuan tidak selalu dicapai dengan mudah. Hampir bisa dipastikan, semua orang yang saat ini telah berhasil mencapai tujuan hidupnya juga pernah melalui banyak kegagalan dan rintangan.

Salah satu kisah yang cukup menarik tentang kegagalan dan perjuangan ini adalah dari karier seorang petenis wanita bernama Virginia Wade. Dalam artikelnya yang berjudul ,”How I won Wimbledon”, ia mengisahkan perjalanan panjang penuh kegagalan yang pernah ia alami sebelum akhirnya berhasil menjadi juara Wimbledon dan salah satu petenis wanita terbaik dunia. Bayangkan, sebelum akhirnya memenangi kejuaraan Wimbledon pertamanya, ia harus lebih dulu mengalami gagal di kejuaraan tersebut selama 16 tahun! Menakjubkan! Jarang ditemukan seorang yang tetap bisa bertahan dan tetap punya keyakinan bahwa suatu saat bisa menjadi yang terbaik setelah terus gagal selama 16 tahun. Anda penasaran apa yang menyebabkan Virginia tetap punya semangat dan keyakinan luar biasa ini? Ia menjawab singkat, “Attitude!”

Attitude bisa kita terjemahkan sebagai sikap hati. Sayangnya, tidak semua orang bisa tetap memiliki sikap hati positif ketika mengalami kegagalan. Apalagi jika kegagalan itu sampai bertahun-tahun. Tetapi, untuk sukses, sikap hati positif adalah satu syarat yang harus ada. Entah sudah berapa ratus kalipun kita mengalami kegagalan atau menemui rintangan, jangan sampai itu membuat kita jatuh dalam sikap negatif. Enam belas tahun perjuangan Virginia Wade jelas bukan waktu yang sebentar. Tapi, banyak orang sukses yang bahkan pernah merasakan kegagalan lebih lama dari itu. Tapi, saat mereka gagal lagi, mereka belajar lagi, mencoba lagi, dan terus demikian. Sikap hati positif akan membuat kita tetap punya semangat belajar, termasuk belajar dari pengalaman. Itulah yang akan mengantar kita pada keberhasilan yang kita impikan! • Sys

Seorang pemenang tidak hanya punya tujuan, tapi ia juga tak pernah menyerah pada kekalahan.