Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama

1 Yohanes 4:7-21

Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.
1 Yohanes 4:21

Saya kerap menjumpai pemandangan yang ekstrem. Ada orang Kristen yang begitu mengasihi dan melayani Tuhan dengan cara yang spektakuler, tapi pada saat yang sama orang Kristen tersebut melalaikan tanggung jawabnya untuk mengasihi dan melayani sesama. Begitu royal dalam memberi untuk pekerjaan Tuhan, tapi begitu pelit untuk berbagi dengan sesama. Menurut saya, kekristenan seperti ini justru dipertanyakan, sebab mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama manusia adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Jika kita mengasihi Tuhan tapi tidak mengasihi sesama, Firman Tuhan berkata bahwa kita tidak lebih dari orang yang munafik. I Yohanes 4:20 berkata, “Jikalau seorang berkata: ‘Aku mengasihi Allah,’ dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.”

Saya tertarik dengan C.S. Lewis, penulis Narnia, yang berkata, “Saat aku telah belajar mengasihi Tuhan lebih daripada orang-orang yang paling aku sayangi di bumi, aku akan mengasihi orang-orang yang kusayangi di bumi lebih daripada yang kulakukan sekarang.” Tidak ada pertentangan antara mengasihi Allah dan mengasihi sesama. Jika kita semakin mengasihi Allah, maka kita juga akan semakin mengasihi sesama. Jika kita melayani Allah dengan begitu rupa, maka dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab kita akan melayani sesama kita lebih lagi. Jika prinsip mengasihi sesama ini diterapkan, maka dunia akan melihat Kristus di dalam diri kita. Sebab dunia hanya bisa mengenal Kristus melalui tindakan kasih dan kebaikan kita kepada sesama. Sudahkah kita menjadi orang Kristen yang tidak hanya mengasihi Tuhan, tapi juga mengasihi sesama manusia seperti diri kita sendiri? Martin Luther berkata, “Iman seperti terang, harus sederhana dan lurus, sedangkan kasih seperti kehangatan, harus memancar ke segala arah dan menekuk ke segala kebutuhan saudara-saudara kita.” • Kwik

Kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.