Tiga Setan?

Matius 16:21-28

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Matius 16:26

Monty Burns, tokoh dalam serial kartun dewasa The Simpsons adalah gambaran dari pebisnis yang kejam dan serakah. Meski hanya tokoh kartun, tapi ada satu kutipannya yang cukup mewakili paradigma dunia bisnis saat ini. Kutipan itu berbunyi “Keluarga, agama, dan teman. Inilah tiga setan yang harus dienyahkan jika Anda mau sukses berbisnis!” Ya, ada sebagian orang menganggap keluarga dan teman bisa menjadi penghambat sukses, misalnya jika mereka berutang, menjadi tanggungan, dll. Sementara agama, wah jangan bawa-bawa Tuhan kalau soal bisnis! Begitulah paradigma sebagian orang. Tapi, benarkah sukses tanpa ketiganya adalah sukses yang sebenarnya?

Menurut pandangan saya, kesuksesan sejati justru tidak bisa dilepaskan dari tiga hal yang disebut “setan” di atas. Apa artinya bisnis kita sukses namun keluarga kita hancur berantakan. Apa gunanya kita kaya secara materi tapi miskin rohani? Yesus berkata dengan sangat tegas tentang hal ini, “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya?” (Mat. 16:26) Apa gunanya kita sukses, tapi kita dimusuhi banyak teman karena kita bekerja dengan cara curang?

Sebaliknya, menurut saya, keluarga, agama dan teman justru adalah “tiga malaikat” bagi sukses kita. Keluarga bisa menjadi suporter bagi kita, sekaligus menjadi motivasi yang sangat kuat bagi kita untuk meraih sukses. Agama punya peran sangat vital untuk mendukung kesuksesan kita. Di saat kita mengandalkan Tuhan, di situlah Tuhan menyatakan hal-hal yang dahsyat dalam bisnis atau karir kita. Faktor teman atau networking juga menjadi salah satu alat untuk membantu kita meraih sukses. Tanpa teman atau networking, sesungguhnya kita susah meraih keberhasilan.

Bagaimana dengan Anda? Jangan sampai terjebak dengan pola pikir dunia ini. Jangan pernah meraih sukses dengan mengorbankan Tuhan, keluarga, maupun persahabatan karena sesungguhnya tiga hal tersebut jauh lebih berharga daripada kesuksesan kita dalam bisnis. Tiga hal tersebut tidak pernah bisa dibeli atau ditukarkan dengan uang. Justru tiga hal itulah kekayaan sejati. Jadi keliru besar kalau kita menyebut tiga hal tersebut sebagai “tiga setan” yang harus dienyahkan. • Kwik

Keluarga, agama, dan teman bukanlah setan yang harus dienyahkan!