15 Menit

Lukas 9:57-62

Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan
beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana.”
Lukas 9:60

 

Kebanyakan kita tentu pernah berganti ponsel. Tidak hanya itu, kita mungkin pernah berganti ponsel yang sama sekali beda. Saya ingat ketika dulu pertama kali melihat ponsel dengan layar sentuh. Saya tidak terlalu antusias dengan teknologi itu. Saya bayangkan, bagaimana jika layar sentuhnya rusak atau terpencet dengan tidak sengaja, saya juga membayangkan mengetik dengan layar sentuh pasti lebih ribet. Maka, saya cukup lama enggan beralih ke ponsel dengan layar sentuh. Tapi kini? Ternyata memakai ponsel layar sentuh sama sekali tidak ribet. Tentu saya harus membiasakan diri, tapi tidak terlalu lama juga. Layar ponsel juga belum pernah rusak meski beberapa kali pernah jatuh.

Di zaman ketika perubahan begitu cepat terjadi, hal-hal baru akan selalu ada dan akan sangat sering kita temui. Namun, berapa banyak orang menyambut perubahan itu dengan antusias? Berapa banyak kita yang antusias belajar saat ada program/aplikasi baru untuk melakukan pekerjaan kita? Berapa banyak kita yang lebih sering merasa malas dan menganggap hal baru itu belum mendesak, yang lama masih baik, dll? Apalagi bagi yang merasa sudah punya pengalaman, jabatan, prestasi, dll. Ada kalanya proses belajar, membaca petunjuk penggunaan, mendengarkan orang lain menerangkan cara memakai sebuah alat atau teknologi, dianggap membuang waktu dan energi. Padahal, waktu yang diperlukan untuk mempelajari cara baru itu mungkin hanya beberapa hari, beberapa jam, bahkan mungkin bisa dipelajari dalam 15 menit! Namun, jangan salah beberapa hari, jam, atau menit itu bisa memberi keuntungan selama ribuan jam ke depan.

Hari ini kita membaca bagaimana Yesus terdengar sangat keras terhadap mereka yang memakai banyak alasan untuk tidak segera mengikuti Dia. Yesus tahu waktu-Nya di dunia tidak banyak. Tapi, sekitar 3 tahun yang bisa dipakai para pengikut-Nya untuk belajar langsung dari-Nya itu menentukan jalannya kehidupan hingga ribuan tahun ke depan (hingga kini). Pandanglah segala sesuatu, termasuk perubahan, dengan cara yang benar! Menyiapkan diri sebelum menghadapi perubahan memang bisa melelahkan. Tapi, lihatlah bagaimana waktu belajar saat ini bisa mengubah masa depan Anda! • Arie

15 menit waktu belajar bisa mengubah bertahun-tahun hidup Anda di depan.

Cukupkah Gajiku?

Maret 24, 2020

Membuat Keputusan Keuangan

Maret 24, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *