Ahli = Kualitas Tinggi

Keluaran 35:30-35

dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,
Keluaran 35:31

 

Seseorang akan dianggap ahli atau tidak, tergantung seberapa baik kualitas yang ditawarkan. Dengan kata lain, seseorang baru bisa dianggap ahli kalau memiliki kualitas tinggi di dalam pekerjaannya. Kualitas tinggi hanya bisa dicapai kalau kita menetapkan standar yang tinggi. Dari pemahaman ini, sebenarnya setiap orang bisa menjadi ahli. Penghalang utama kita menjadi seorang ahli karena kita memiliki standar kualitas yang sedemikian rendah.

Saya ingin menjadi seorang ahli dalam hal menulis renungan. Saya sadar bahwa untuk menjadi ahli maka saya harus menetapkan standar kualitas yang tinggi. Karena itu, saya tidak mau asal-asalan menulis. Saya punya idealisme sendiri soal menulis. Jika saya merasa tulisan saya kurang bagus (meski orang lain mungkin menganggapnya bagus), saya tidak segan-segan untuk menghapus tulisan renungan itu. Kasarnya, lebih baik tidak menulis kalau apa yang saya tulis tidak bagus, tidak inspiratif, dan tidak memberkati pembaca. Idealisme seperti ini akan memacu saya untuk menulis lebih baik, lebih baik, dan lebih baik lagi.

Pada tahun 1984, Benners memunculkan teori perkembangan dari pemula hingga menjadi ahli. Inilah perkembangan dari pemula menjadi ahli. Pemula – Lanjutan Pemula – Kompeten – Mahir – Ahli. Di setiap tahap perkembangan, tuntutan standar kualitas akan menjadi lebih tinggi. Semakin menuju ke arah ahli, semakin tinggi standar kualitas yang harus dipenuhi.

Bukan tidak bisa ahli, tapi karena kita memiliki standar kualitas yang sedemikian rendah. Sebab itu langkah pertama yang kita lakukan agar menjadi seorang ahli adalah menaikkan standar kualitas lebih dulu. Jika kita selalu menaikkan standar kualitas, maka kita tak akan pernah puas dengan pencapaian hari ini. Itulah yang membuat kita terpacu untuk melakukan yang lebih baik lagi. Pada akhirnya, itulah yang membentuk kita menjadi orang yang ahli. • Kwik

Semakin ahli seseorang, semakin tinggi standar kualitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Buatan Ahli

September 20, 2022

Pasti Berkembang

September 20, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.