Big Target

RH Spirit Next 01 Maret 2020

Filipi 4:8-9

Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa yang akan
memulihkan semangat yang patah? Amsal 18:14

 

Pada dasarnya, setiap orang pasti punya mimpi, harapan dan cita-citanya sendiri. Mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Namun nggak sedikit pula orang yang nggak punya mimpi atau cita-cita. Atau mereka punya cita-cita, tapi nggak berusaha mewujudkannya dan membiarkan mimpi tersebut sekadar menjadi hiasan yang mengisi pikiran-pikiran mereka. Kamu boleh bermimpi apa aja dan menjadi apa aja, tapi kalo nggak bertindak untuk mewujudkannya, bagaimana mungkin kamu akan meraih apa yang kamu impikan?

Untuk mewujudkan mimpi, kamu harus punya target yang akan membantumu memiliki tujuan yang jelas tentang apa aja yang harus kamu lakukan. Target ini pula yang akan memastikan kamu agar selalu ‘on the right track’. Sebagai contoh, kamu-kamu yang masih kuliah dan punya target untuk bisa lulus tepat waktu, maka kamu harus berusaha gimana caranya target tersebut dapat dicapai. Target lulus tepat waktu akan membuatmu belajar lebih giat, rajin kuliah, rajin konsultasi ke dosen pembimbing, berusaha mengurangi terlalu banyak kegiatan yang nggak penting, dsb.

Selain punya mimpi besar dan target yang jelas, kamu juga harus memelihara sikap optimis. Orang optimis dijamin punya peluang yang lebih besar untuk sukses dan lebih bisa menyelesaikan kesulitan dengan level yang sama dibanding mereka yang berjiwa pesimis. Lagipula, fir-Tu selalu mengajarkan pada kita untuk menjadi orang percaya yang optimis dan menjalani hidup dengan penuh keberanian (2 Tim. 1:7). Kalo digambarkan dalam sebuah grafik, sikap optimis tuh nggak seperti garis lurus yang menanjak ke atas. Pergerakannya terlihat seperti gerakan gelombang yang naik-turun, karena dalam prosesnya, terkadang ada peristiwa buruk atau pendapat negatif dari orang lain yang bisa melunturkan optimisme dalam diri kita. Kalo saat ini kamu punya target yang udah kamu tetapkan, perjuangkan itu dengan optimis. Abaikan omongan-omongan negatif yang bisa bikin mental kamu jatuh dan berusahalah untuk melihat setiap masalah dari sisi positif, walaupun orang-orang di sekitarmu berpikiran negatif. Cara itu akan bikin kamu makin termotivasi buat mewujudkan impianmu itu. Sikap optimis akan bikin kamu punya harapan kalo kamu punya masa depan yang lebih baik, walaupun kamu nggak tahu apa yang akan terjadi di hari esok. • Vian

“Milikilah mimpi besar, target yang jelas dan sikap optimis,
jika kamu ingin sukses.” Elon Musk – CEO SpaceX

Seberapa Dewasa?

Februari 28, 2020

Mati Itu Menakutkan?

Februari 28, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *