Bukan Hanya Tambahan Uang

RH Spirit Motivator 01 Oktober 2020

Amsal 9:9, 16:8, 18:14

Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.
Amsal 14:23

 

Bayangkan Anda harus naik melalui eskalator yang bergerak turun. Jika diam, jelas Anda akan turun. Jika melangkah naik dengan santai, posisi Anda akan tetap sama. Tapi jika Anda naik dengan berlari, bahkan lari dengan sangat cepat, baru Anda bisa naik ke lantai di atasnya.

Anthony Robbins berkata, “Jika Anda terus melakukan apa yang biasa Anda lakukan, Anda juga akan menerima apa yang biasa Anda terima.” Jika kita melakukan apa yang kebanyakan orang lakukan, kita juga akan menerima apa yang kebanyakan orang terima. Kenyataannya bahkan bisa lebih buruk dari itu. Perusahaan yang terus bekerja dengan cara sama bukan hanya tak bisa maju, tapi bisa mundur dan hancur. Akan muncul (banyak) perusahaan lain yang memberi lebih baik dengan cara lebih baik dan menyingkirkannya. Karyawan yang kinerjanya begitu begitu saja bisa disebut beruntung jika bisa terus di posisinya. Nyatanya, kebanyakan akan digantikan karyawan lain yang kinerjanya lebih baik.

Kompetisi dan situasi saat ini mau tak mau membuat kita harus bekerja lebih dari sebelumnya. Tidak hanya kualitas kerjanya yang lebih baik, tapi kita juga harus mau mencoba lebih banyak hal. Memiliki pekerjaan sampingan pun saat ini makin menjadi kebutuhan. Ini bukan semata cara untuk mendapat lebih banyak uang, tapi juga untuk mendapat lebih banyak pengalaman, pelajaran, koneksi, bahkan juga untuk mengejar passion kita. Ini yang kadang tidak disadari sebagian mereka yang bekerja ganda. Meski statusnya bukan yang utama, meski pendapatannya tidak sebesar mata pencaharian utama, dan meski dikerjakan di sela waktu, tapi jadikan pekerjaan sampingan itu sebagai sarana untuk belajar dan meningkatkan diri. Apalagi jika pekerjaan sampingan itu usaha mandiri Anda. Bisa jadi itu malah lebih memusingkan, karena kita belum berpengalaman, semua masih harus dikerjakan sendiri, masih perintisan, dst. Tapi, jangan putus asa. Anggaplah itu proses belajar. Berkonsultasilah dengan mereka yang lebih berpengalaman atau belajar dari perusahaan yang sudah besar (Ams. 9:9). Bekerjalah dengan jujur karena reputasi adalah modal untuk maju (Ams. 16:8). Miliki selalu semangat dalam bekerja karena itu yang membuat kita bisa kuat menghadapi masalah (Ams. 18:14). • ARC

Pekerjaan tambahan bukan hanya untuk menambah uang, tapi juga menambah pengalaman dan pembelajaran.

Iman yang Kosong

September 1, 2020

Blessed Family

September 1, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *