Change Never Changes

Kejadian 37:12-36

 Baru saja Yusuf sampai kepada saudara-saudaranya, mereka pun menanggalkan jubah Yusuf, jubah maha indah yang dipakainya itu.
Kejadian 37:23

 

Change never changes. Semua pasti berubah. Satu-satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Jika segala sesuatu pasti berubah, mengapa kita berusaha untuk melawan perubahan itu? Karena kita takut kalau perubahan itu membuat hidup kita menjadi lebih buruk! Mengapa kita tidak berpikir, bahwa perubahan itu bakal membuat hidup kita jadi lebih baik dari sebelumnya? Memang perubahan bisa saja membawa kita pada kemunduran, tapi jika kita mampu mengantisipasinya dengan bijak maka perubahan bisa membawa kemajuan yang luar biasa bagi kita. Bagi orang sukses, perubahan selalu dilihat sebagai sebuah momen penting untuk meraih keberhasilan yang lebih besar dari sebelumnya. Tidak peduli seburuk apapun kelihatannya pada awalnya!

Bagi Yusuf, segalanya berubah sedemikian cepat. Dari anak kesayangan dengan jubah yang maha indah, tiba-tiba saja menjadi budak belian yang tidak memiliki hak atas dirinya lagi. Dari budak kesayangan di rumah Potifar, tiba-tiba dijebloskan penjara karena fitnah. Bukankah ini babak demi babak dalam kehidupan Yusuf yang berubah sangat cepat? Secara manusia, apa yang dialami Yusuf adalah kemunduran. Tapi dalam perspektif Tuhan, perubahan itu adalah sebuah kemajuan. Sebab perubahan demi perubahan itulah yang mengantarkan Yusuf ke istana Mesir! Sebagaimana Yusuf berubah secara cepat, demikian juga promosi dan perubahan Yusuf terjadi juga begitu cepat. Dari budak yang dipenjara tiba-tiba menjadi pemimpin yang tinggal di istana!

Yusuf tidak bisa menolak perubahan, tapi Yusuf bisa menyikapi setiap perubahan itu dengan bijak dan dengan hati yang takut akan Tuhan. Kita juga akan mengalami perubahan. Kita tidak mungkin bisa menolak dan menyangkal fakta datangnya perubahan. Meski demikian, jangan melihat perubahan sebagai sesuatu yang menakutkan. Sebaliknya lihatlah perubahan sebagai kesempatan untuk kita mendapatkan batu loncatan. Jangan takut dengan perubahan, kalau mau takut, takutlah kalau kita tidak berubah! • Kwik

Jangan takut dengan perubahan, takutlah kalau tidak berubah!

Dana Darurat

Mei 8, 2020

Di Luar Zona Nyaman

Mei 8, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *