Ciri Kristen

Roma 2:17-29

Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah sunat yang dilangsungkan secara lahiriah.
Roma 2:28

 

Apa ciri khas orang Kristen? Di penganut agama lain, model pakaian hingga dandanan tertentu yang mereka pakai akan menunjukkan keyakinan mereka. Ada lagi yang memasang benda-benda tertentu di rumahnya dan kita pun tahu bahwa mereka menganut agama A atau B. Namun, bagaimana dengan orang Kristen? Apakah ada di antara Anda yang memiliki pakaian yang hanya khusus dipakai di gereja? Kecuali Anda adalah pendeta atau terlibat pelayanan di gereja, rasanya pakaian yang kita gunakan di gereja pun bisa kita pakai untuk acara lain. Bahkan, di beberapa gereja, pendetanya tidak memakai pakaian khusus. Apakah dengan memasang asesoris salib di tubuh atau di rumah? Tidak juga. Tidak sedikit rumah orang Kristen yang tidak ada asesoris salibnya, termasuk di rumah saya sendiri. Hal itu juga tidak lantas membuat kita menjadi orang Kristen yang buruk.

Di masa Alkitab, sunat adalah salah satu tanda ke-Yahudi-an seseorang. Namun, Paulus mengkritik keras orang-orang Yahudi di masa itu yang hanya mementingkan ciri lahiriah, seperti sunat tersebut. Percuma sunat secara fisik, tapi hatinya “tidak disunatkan” yang berarti sikap dan kehidupannya tidak berbeda dengan orang yang tidak mengenal Allah (ay. 29). Percuma mengajarkan tentang hukum Taurat tapi dia sendiri tidak melakukannya (ay. 21). Bukankah ini mengingatkan kita pada kritik yang pernah dilontarkan Yesus kepada orang Farisi (lih. Mat. 23)?

Ciri khas pengikut Kristus bukan terletak pada simbol-simbol semata. Bahkan ciri khas orang Kristen seharusnya juga lebih dari sekadar pergi beribadah ke gereja setiap Minggu. Jika ciri orang Kristen adalah sekadar pergi ke gereja, andai semua gereja ditutup, apakah status kita sebagai orang Kristen juga hilang? Tentu tidak. Ini bukan berarti kita tidak boleh memasang ornamen khas Kristen, bukan juga kita tidak perlu pergi ke gereja. Tapi, lebih dari itu, kekristenan kita harus terlihat dari perbuatan dan hidup kita setiap hari. Ciri itu sesungguhnya melekat dalam pemikiran, perkataan, dan tindakan kita. Apakah semua itu sudah sesuai dengan firman Tuhan? Semoga renungan hari ini bisa menjadi pengingat untuk kita semua, sesama umat Kristus! • Arie

Ciri orang Kristen terletak pada pikiran, perkataan, dan perbuatannya.

Takut Minta Maaf

September 25, 2020

Respect to My Body

September 25, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *