Dari Gelap ke Terang

RH Spirit 01 Maret 2024

2 Samuel 12:1-25

Lalu berkatalah Daud kepada Natan: “Aku sudah berdosa kepada TUHAN.”
Dan Natan berkata kepada Daud:”TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.

2 Samuel 12:13

 

Salah satu masalah di wilayah tempat tinggal saya adalah rayap. Kayu penyangga rumah yang dari luar tampak kokoh bisa tiba-tiba patah. Ternyata, bagian dalam kayu itu sudah habis digerogoti rayap. Buku di rak yang dari luar tampak baik-baik saja, begitu diambil ternyata sudah tinggal separuh karena dimakan rayap. Seperti itu jugalah gambaran seseorang yang punya sisi gelap. Dari luar, ia tampak baik-baik saja, tapi di dalamnya ia punya keinginan dan pengalaman yang berkebalikan. Saat bertemu ia tampak ramah dengan kita, tapi dalam hatinya ia mungkin punya rencana buruk untuk kita.

Daud punya sisi gelap, yaitu perzinaannya dengan Batsyeba. Saat bertemu Uria, suami Batsyeba, Daud seolah berbaik hati. Ia berikan cuti kepada salah satu prajurit terbaiknya itu agar ia pulang dan bersenang-senang dengan istrinya. Namun, Uria memilih tetap bekerja. Ia tunjukkan tanggung jawab dan kesetiaan sebagai prajurit di masa perang. Akhirnya, Daud membuat plot agar Uria tewas di medan perang. Apakah Daud lalu menyesal? Nyatanya, Daud baru menyesal setelah Natan datang memperingatkannya. Hal itu pun terjadi setelah anak Daud dan Batsyeba tersebut lahir. Setidaknya, ada waktu 9 bulan bahkan setahun sesudah perzinaan itu terjadi. Selama itu pula Daud menyimpan rapat sisi gelapnya.

Sisi gelap Daud bukan hanya soal perzinaan dan pembunuhan, tapi terutama juga bagaimana ia memakai jabatan sebagai raja yang Tuhan berikan kepadanya, demi memenuhi keinginannya yang berdosa. Tapi, sekeji dan segelap apapun dosa Daud, ketika ia mau mengakui dosanya dan sungguh-sungguh bertobat, pengampunan Tuhan tetap terbuka untuknya. Ya, sesungguhnya sisi gelap tidak selamanya akan gelap jika Anda tidak membiarkannya tak terjamah. Sisi gelap justru akan menjadi sisi berbahaya karena Iblis akan terus mengintimidasi Anda karena dosa itu. Maka, satu-satunya cara adalah izinkan Terang Kristus datang dan hadir menerangi hingga di sudut hati dan kehidupan Anda. Tanpa terang, gelap tidak akan hilang. Tanpa Kristus hadir di hidup kita, maka sisi gelap dalam hidup kita akan terus ada. • ARC

Izinkan Terang Kristus menerangi sisi gelap di sudut-sudut hati kita.

 

One Thought on Dari Gelap ke Terang

  1. Aku suka agar semua terbebas dari kegelapan

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

How to Love Right

Februari 2, 2024

From Unwritten to Written

Februari 2, 2024

One Thought on Dari Gelap ke Terang

  1. Aku suka agar semua terbebas dari kegelapan

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *