Facing New Challenge

RH Spirit Next 01 Januari 2020

Ester 4:10-17

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu. Roma 12:2a

 

Dalam perjalanan hidup kita, sering kali kita diperhadapkan pada tantangan baru yang berupa pilihan yang berisiko. Pilihan yang menuntut kita untuk mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru supaya kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, kita yang biasanya cuman belajar ala kadarnya karena belum musim ujian, mau nggak mau kita harus mengubah kebiasaan belajar kita saat menjelang ujian yang menentukan masa depan kita. Kalo sebelum-sebelumnya kita lebih suka mengisi waktu luang kita buat males-malesan, ngegame, shopping ato nongkrong bareng temen, karena alasan ujian itu kita mengubah kebiasaan dengan manfaatin waktu secara optimal buat belajar. Setiap perubahan emang butuh pengorbanan, tapi kalo kita nggak pengen ketinggalan dari yang lain, maka kita harus menghadapi tantangan itu dengan bijak.

Kita mungkin udah sering mendengar kisah tentang Ester. Selain memiliki paras yang cantik, Ester juga seorang wanita yang cerdas, dewasa, rendah hati, dan memiliki iman yang benar. Nggak heran kalo Allah memberinya tanggung jawab untuk menyelamatkan bangsa Yahudi dari pembantaian besar-besaran yang direncanakan oleh Haman. Upaya penyelamatan Ester ini berawal dari keberanian Ester untuk mengubah pemikirannya sendiri. Ia sebelumnya bersikap apatis terhadap rencana Haman, karena ia sendiri tahu kalo ia sedang berhadapan dengan undang-undang yang akan mendatangkan hukuman mati kalo ia melanggarnya. Tapi atas nasihat Mordekhai, Ester memperoleh keberanian untuk menghadap Raja Ahasyweros. Ia yakin bahwa Allah sendiri yang turun tangan untuk mengubah hati Raja. Ketika Ester mau memulai perubahan dari pikirannya, maka apa yang ia pikirkan, itulah yang terjadi. Allah menyelamatkan bangsa Israel melalui dirinya.

Perubahan adalah salah satu bentuk tantangan dan sering kali terasa nggak nyaman, juga menuntut banyak hal dari kita. Ingat, setiap perubahan yang kita lakukan akan memberi nilai lebih untuk diri kita sendiri, bahkan bisa menjadi berkat buat lingkungan kita. Kalo kamu pengen keadaan, situasi, bahkan orang-orang di sekelilingmu berubah, maka ubahlah dirimu sendiri terlebih dahulu. Kalo kamu pengen apa yang kamu inginkan jadi kenyataan, tapi kamu menolak tantangan untuk mulai berubah, maka selamanya kamu nggak akan dapetin apa-apa! • Vian

“Jika kita terus-terusan menolak perubahan, maka kita akan semakin ketinggalan dari yang lain.” Simon Sinek – Motivator

Berani Melangkah

Januari 3, 2020

Pemulihan Luka Hati

Januari 3, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *