Minum Obat

1 Kor. 10:13, Yak. 1:2-8

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,
Yakobus 1:2

 

Sebagai seorang ibu, Anda pasti tahu betapa sulitnya membujuk anak-anak yang masih balita untuk minum obat. Wajar, rasa obat yang pahit tentu tidak disukai anak-anak. Beda dengan permen atau es krim. Tanpa dibujuk, anak-anak Anda pasti tidak akan menolak manisnya permen atau es krim.

Anak-anak memang belum mengerti, sekalipun pahit, obat akan mendatangkan kesembuhan. Sebaliknya, sekalipun rasanya manis, permen atau es krim bisa mendatangkan penyakit. Berbeda dengan kita yang sudah dewasa. Kita mengerti, yang pahit tidak selalu buruk. Sebaliknya, yang manis tidak selalu baik. Lucunya, kita sering melupakan hal itu dan bersikap seperti anak-anak. Contohnya, dalam menjalani kehidupan, kita menolak yang pahit dan menginginkan semua yang manis. Kita menolak masalah dan menuntut semua baik-baik saja. Faktanya, Tuhan menjadikan masalah sebagai bagian dalam perjalanan mengikut Dia. Itulah sebabnya, ketika masalah datang, jangan buru-buru kecewa dan bersungut-sungut. Kuasailah diri Anda, dan jadilah tenang, supaya Anda dapat berdoa (1 Pet. 4:7). Setelah itu, mari kita melihat masalah dari sudut yang positif.

Pertama, hidup Anda ada di dalam tangan Tuhan (Mzm. 31:15a). Percayalah bahwa tidak ada satu hal pun yang ‘kebetulan’ dalam hidup Anda, semua terjadi atas seizin Tuhan. Kedua , tiap masalah yang terjadi, tidak akan pernah melebihi kekuatan Anda.Tuhan akan memberikan jalan keluar (1 Kor. 10:13). Dan terakhir, bersukacitalah, karena semua masalah yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup Anda, pada akhirnya hanya akan menyatakan kebaikan Tuhan (Rm. 8:28).

Ketahuilah, menjalani kehidupan tanpa masalah adalah sebuah masalah. Ya, saya tidak salah tulis. Menjalani kehidupan tanpa masalah sesungguhnya adalah sebuah masalah. Masalah memang pahit. Tapi, hanya lewat masalah kuasa-Nya akan semakin nyata. Hanya lewat masalah, Anda akan menjadi wanita yang tangguh dan bijaksana. Sama seperti obat, sekalipun pahit masalah tidak selalu buruk. • OKS

Masalah bisa menjadi berkat saat kita meresponsnya dengan tepat sesuai firman Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menantikan Yesus

November 11, 2022

Amanat Besar ke Kaum Kecil

November 11, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *