Overthinking Game Over

RH Spirit Next 01 September 2021

2 Korintus 10:3-5

 
Jagalah hatimu baik-baik, sebab hatimu menentukan jalan hidupmu.
Amsal 4:23 – BIS

 

Anton ikut sebuah lomba fotografi. Sayang, pada kesempatan ini ia belum beruntung. Well, kalah menang dalam sebuah kompetisi tuh sebenernya biasa. Tapi, Anton malah kepikiran macem-macem. “Jangan-jangan bakatku bukan di bidang fotografi ya …” “Wah, aku nggak menang, nanti kira-kira gimana ya reaksi temen-temen. Jangan-jangan mereka nganggep aku pecundang?” dan segudang pikiran buruk lainnya. Di tempat yang berbeda, Tina ngerasin tangannya gemeter pada waktu ngetik laporan. Ia pun akhirnya googling untuk tahu apa yang mungkin jadi sebabnya. Hasilnya, tangan gemeter ternyata adalah salah satu gejala adanya kanker otak. Tina pun jadi kepikiran macem-macem. Gimana nanti biaya pengobatannya? Siapa yang akan nemenin ibuknya kalo dia sakit? Dan lain sebagainya. Padahal, setelah makan siang, gemeter di tangannya udah ilang. Yup, ia gemeter karna dari tadi pagi emang belum makan sama sekali. Gemeter bukan karna kanker, tapi karna laper.

Peperangan yang harus kita jalani melawan musuh kita, yakni Iblis, bukanlah peperangan fisik, tapi psikis. Yup, sering kali, yang Iblis lakukan untuk ngalahin dan ngejatuhin kita bukan dengan menyerang badan kita, tapi pikiran kita. Salah satunya ya melalui overthinking yang akhirnya bikin kita mengkhawatirkan banyak hal. Setiap saat, Iblis melemparkan bola-bola api tipuan kekhawatiran yang berlebihan ke dalam pikiran kita. Pikiran-pikiran inilah yang kemudian membuat kita stres, depresi, dan bahkan kehilangan iman percaya kita.

Nggak ada cara lain. Kebiasaan overthinking harus segera distop biar nggak terus dimanfaatkan dan dimaksimalkan oleh Iblis untuk ngejatuhin kita. Caranya? Ganti pikiran-pikiran yang negatif dengan pikiran-pikiran yang positif. Stop berasumsi dan mikir macem-macem sampe ke mana-mana sebelum ada kepastian. Dan yang paling penting, ganti pikiran-pikiran yang penuh kekhawatiran dengan doa yang penuh dengan iman percaya. Ya, kunci kemenangan atas pikiran adalah dengan berdoa! Jangan mau deh terus-terusan jatuh ke dalam tipuan Iblis soal kekhawatiran. Daripada mikir yang nggak-nggak dan bikin tambah gelisah, bukannya lebih enak mikir hal-hal yang membesarkan hati? • Dian

“Peraturan pertama adalah jangan terlalu memikirkan hal-hal kecil. Peraturan kedua, semua hal itu hal kecil.”
Robert Elliott – Aktor

One Thought on Overthinking Game Over

  1. Tuhan Yesus memberkati

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bukan Sekadar Berhenti

Agustus 10, 2021

Jangan Menyesatkan

Agustus 10, 2021

One Thought on Overthinking Game Over

  1. Tuhan Yesus memberkati

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.