Pas Butuh Pas Ada

1 Raja-Raja 17

“Bersiaplah, pergi ke Sarfat yang termasuk wilayah Sidon, dan diamlah di sana. Ketahuilah, Aku telah memerintahkan seorang janda untuk memberi engkau makan.”

1 Raja-raja 17:9

Seorang kaya berkelakar kalau dirinya termasuk orang pas-pasan. Pas butuh, pas ada. Pas butuh Mercedes, pas ada uang untuk membelinya. Pas butuh ke luar negeri untuk jalan-jalan, pas ada uang untuk menikmatinya. Pas fine dining di sebuah restoran mewah, pas ada uang untuk membayarnya. Itu “pas-pasan” dalam bentuk yang berbeda. Namun dalam hidup ini, kadang kala kita diperhadapkan dengan situasi yang benar-benar pas-pasan. Bukan dalam pengertian “merendah di atas bukit” seperti orang kaya itu, tapi benar-benar pas-pasan! Tidak lebih, tapi juga tidak kurang. Tidak hanya uangnya yang pas, waktunya pun benar-benar ngepas. Pada saat kita membutuhkan, pada saat yang sama Tuhan mencukupkan. Tidak bisa tidak, inilah bukti pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita.

Saat itu bangsa Israel sedang mengalami kekeringan hebat. Nabi Elia bukan tanpa perkecualian. Ia juga mengalami masa-masa kekeringan hebat. Bedanya, Elia hidup dalam pemeliharaan Tuhan. Elia masih bisa minum dari air sungai Kerit, plus makan “burger” (roti dan daging) yang dibawa burung gagak. Pas-pasan, tapi tidak pernah kekurangan. Apa yang terjadi ketika sungai Kerit menjadi kering? Tuhan memelihara Elia melalui janda di Sarfat. Pemeliharaan Tuhan selalu tepat! Pemeliharaan Tuhan bahkan melampaui akal dan nalar. Dulu Tuhan mengutus burung gagak, kini Tuhan memakai janda miskin dengan segenggam tepung terakhir!

Apapun keadaan kita hari ini, percayalah pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita. Pemeliharaan Tuhan sama sekali tidak dipengaruhi oleh situasi dan keadaan. Sesulit atau seburuk apapun keadaan kita, masih tersedia mukjizat pemeliharaan Tuhan bagi kita. Ada kalanya pemeliharaan Tuhan dinyatakan dari hari ke sehari. Bukan dalam jangka panjang sekaligus. Itu juga baik, supaya kita terus bergantung kepada Tuhan. Jika dipikir-pikir, bukankah yang terpenting adalah “pas butuh pas ada”? Jangan pernah meragukan Tuhan yang akan memenuhi segala keperluan kita menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya di dalam Kristus Yesus (Flp. 4:19). • Petrus Kwik

Pemeliharaan Tuhan tidak dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang terjadi di sekeliling kita.

Mengapa Tidak Cukup?

November 29, 2019

Sadar Dosa

November 29, 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *