Pelajaran Tak Tertulis

1 Korintus 13:4-7

Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur.
1 Korintus 14:40

 

Mana yang lebih Anda inginkan? Anak Anda mampu Matematika atau mampu mengantre? Seorang guru di Australia mengatakan, yang kedua lebih penting. Mengapa? Pertama, dengan mengantre anak belajar manajemen waktu dengan baik dan terencana. Kedua, dengan mengantre anak belajar bersabar menunggu gilirannya tiba. Ketiga, dengan mengantre anak belajar menghormati orang lain. Keempat, dengan mengantre, anak belajar berdisiplin. Kelima, dengan mengantre, anak belajar kreatif memikirkan kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan selama antre. Keenam, dengan mengantre, anak belajar bersosialisasi dengan orang-orang yang ikut antre. Tujuh, dengan mengantre anak belajar tabah menjalani proses dalam mencapai tujuannya.

Mengantre mungkin adalah sesuatu yang sederhana. Banyak kita bahkan menganggap itu sebagai hal yang tidak terlalu penting, apalagi dibandingkan Matematika. Banyak orang tua pun “lupa” untuk mengajarkan, bahkan menjadi teladan dalam hal ini khususnya bagi anak-anak mereka. Padahal, Alkitab pun mengatakan agar segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur.(1 Kor. 14:40). Tak hanya itu, Alkitab juga tegas menyatakan bahwa ciri orang yang memiliki kasih di antaranya adalah ia sabar, tidak cemburu, tidak melakukan yang tidak sopan, tidak egois, dan sabar menanggung segala sesuatu (1 Kor. 13:4-7). Hal-hal yang juga diajarkan melalui budaya antre seperti dikemukakan di atas.

Wanita Kristus, kita semua berharap anak kita punya prestasi dalam pendidikan akademis, dan itu adalah hal yang baik. Namun, jangan sampai kita lupa, bahwa tanpa pendidikan dan keteladanan dalam karakter, prestasi akademik yang baik pun hanya akan menghasilkan pribadi yang tidak segan untuk korupsi dan mengakali orang demi kepentingan dirinya sendiri, yang tidak segan untuk menindas sesamanya demi memuluskan keinginannya, dll. Tentu saja, tidak ada yang ingin anak-anak kita menjadi pribadi yang seperti itu. Dan inilah tugas utama kita sebagai orang tua. Tak perlu berpikir rumit untuk memulainya. Dari hal sederhana seperti antre pun, kita bisa mulai. • RTG

Tanpa karakter yang baik, prestasi akademik yang baik tidak akan menghasilkan pribadi yang baik.

Kesalahan Yang Terulang

April 28, 2020

Aib

April 28, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *