Topeng Penundaan (2)

2 Tesalonika 3:1-15

Kami katakan ini karena kami dengar, bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk
dengan hal-hal yang tidak berguna.
2 Tesalonika 3:11

 

Seorang pemuda ingin belajar bermain gitar. Maka, pertama-tama, ia mencari notasi gitar untuk lagu-lagu yang ia suka (karena biasanya kita lebih semangat jika kita menyukai yang kita pelajari). Ia juga membuka Youtube, mencari video-video tutorial belajar gitar yang memang banyak ada di sana. Ia juga berusaha mencari informasi tentang guru bermain gitar terbaik atau kursus main gitar yang paling cepat. Apa lagi yang ia lakukan? Ia juga mencari gitar. Tapi, sebelumnya ia mencari informasi gitar mana yang paling bagus, paling enak untuk belajar, yang tidak sumbang, dll. Tanpa terasa, satu bulan berlalu. Pertanyaannya, apakah ia sudah bisa bermain gitar? Tentu saja tidak.

Kemarin kita sudah melihat bagaimana fokus pada alasan pada dasarnya hanyalah alasan untuk kita menunda melakukan sesuatu. Hari ini, kita akan melihat satu lagi topeng dari kebiasaan menunda yang biasa kita lakukan. Dalam bahasa Inggris, apa yang dilakukan pemuda di atas disebut metawork. Metawork adalah hal-hal (yang tidak terlalu penting) yang kita kerjakan sebelum melakukan pekerjaan sesungguhnya. Orang-orang yang melakukannya mungkin akan tampak selalu sibuk, tapi tidak ada hasil (yang sesuai dengan target) yang mereka berikan. Mereka melakukan berbagai penelitian, riset, survey, tapi hasil yang didapatkan tidak pernah difollow up. Mereka membaca banyak buku-buku soal cara mengembangkan bisnis, mengikuti berbagai seminar, bahkan mereka bisa merumuskan sebuah teori yang sangat bagus. Tapi, tidak ada tindakan yang mereka lakukan.

Paulus dalam bacaan hari ini menegur keras tipe orang seperti ini. Mereka sepertinya sibuk, tapi untuk hal-hal tidak berguna. Tanpa basa-basi, Paulus menyebut mereka pemalas yang jika tetap tidak mau bekerja, janganlah mereka diberi makan. Pekerjaan Anda tidak bisa diselesaikan dengan teori ataupun dengan rencana. Pekerjaan hanya bisa selesai jika Anda kerjakan. Rencana tentu saja perlu, teori pun penting, tapi itu bukanlah pekerjaan yang sesungguhnya. Metawork bukanlah work. Taruh rencana, teori, dan tindakan dalam porsi yang tepat. • Arie

Merencanakan bukanlah mengerjakan. Rencanakan dengan matang, tapi segeralah melakukan tindakan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Topeng Penundaan (1)

Juli 29, 2022

Memandang Muka

Juli 29, 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.