When You Feel Lazy

RH Spirit Next 01 Juli 2020

 Amsal 6:6-11

Si pemalas dibunuh oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja.
Amsal 21:25

 

Pernahkah kamu merasa malas? Bohong banget kalo kamu bilang nggak pernah! Pada dasarnya rasa malas adalah sebuah perasaan yang bikin kita merasa berat sekali untuk melakukan aktivitas apa pun dan rasa malas ini merupakan sesuatu yang sangat manusiawi, artinya setiap orang pasti pernah merasakan hal tersebut. Rasa malas adalah masalah yang sering kali dialami oleh banyak orang. Meskipun sepele, namun rasa malas dapat menghambat aktivitas yang dilakukan dan kalo kita nggak mencoba melawannya, lama-lama kita akan terbiasa menjadi pemalas dan produktivitas kita pun akan menurun. Pada tingkatan yang lebih ekstrim rasa malas bisa dikategorikan sebagai penyakit mental, di mana gejalanya yaitu suka menunda-nunda pekerjaan, menyia-nyiakan waktu, dsb.

Kenapa rasa malas bisa timbul dalam diri seseorang? Rasa malas biasanya disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu. Kehilangan alasan melakukan sesuatu akan bikin kita kehilangan arah tujuan. Jadi, kalo saat ini kamu mulai merasa malas, coba tanyakan apa alasanmu melakukan suatu hal yang kamu rasa penting. Misalnya, “Kenapa aku harus belajar lebih tekun?”; “Kenapa aku harus nyelesaiin skripsi secepatnya?”; “Kenapa aku harus mempelajari hal ini?”; “Kenapa dulu aku memilih bekerja di tempat ini?”, dsb. Terkadang, rasa malas juga muncul saat kita melakukan sesuatu yang nggak kita sukai. Kalo emang begitu situasinya, kita harus coba brainstorming dulu, misalnya kita malas melakukan hal yang nggak kita sukai tersebut, apa dampak positif dan negatifnya. Kalo dampak negatifnya terlalu banyak, ya mau nggak mau kita harus tetep melakukannya. Karena nggak selamanya dalam hidup ini kita cuman melakukan apa yang kita sukai aja kan?

Fir-Tu hari ini mengingatkan pada kita agar nggak menjalani hidup dengan bermalas-malasan, karena kemalasan nggak akan pernah membawa kita ke dalam kehidupan yang lebih baik. Kemalasan justru merupakan salah satu pengalang dalam meraih keberhasilan. Sekalipun seseorang punya segudang ide, keinginan atau impian setinggi langit, tapi kalo ia sendiri bermalas-malasan, maka semua keinginan dan impiannya itu nggak akan pernah terwujud. Selain itu, kalo kita nggak bisa memerangi dan mengalahkan faktor yang menyebabkan kita malas, bisa-bisa kit jadi manusia gagal dan dapet julukan sebagai pecundang! • Vian

“Kalau kamu berharap semua keinginan dan impianmu terwujud, jangan jadi pemalas!” Jack Ma – Pengusaha

Terus...?!

Juni 16, 2020

The Beautiful is Strong

Juni 16, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *