Stop Complaining, Start Living

RH Spirit Motivator 01 Agustus 2022

Matius 26:36-46

 
Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak
bersungut-sungut dan berbantah-bantahan
Filipi 2:14

 

Atasan tiba-tiba memberi tugas tambahan. Klien mendadak mengubah pesanan padahal persiapan sudah dibuat matang. Rekan atau karyawan tiba-tiba cuti panjang atau resign, sehingga pekerjaannya harus Anda tangani. Di saat seperti itu, kita tahu akan ada hari-hari berat di depan. Tentu saja, kita juga bisa menolaknya. Penolakan itu jelas ada konsekuensinya. Mungkin penilaian atasan atau klien atas Anda bisa jadi negatif. Mungkin itu akan memengaruhi kelancaran roda perusahaan. Maka, sering kali yang kita lakukan adalah menerima tapi dengan menggerutu. Akibatnya, Anda tidak mengerjakannya dengan sepenuh hati, tidak 100%, hasilnya pun tidak maksimal.

Tidak hanya di tempat kerja. Dalam banyak aktivitas hidup sehari-hari, hal yang sama mungkin akan juga kita alami. Tidak selalu semua rencana berjalan lancar. Sering kali, halangan tiba-tiba muncul dan kita harus melakukan hal yang sama sekali berbeda. Bahkan kita tidak punya opsi menolaknya. Di saat seperti itu, mengeluh adalah yang sering orang lakukan. Wajar memang. Namun, jika mengeluh dan menggerutu itu yang terus Anda lakukan saat menjalaninya, maka sadarilah bahwa itu justru akan membuat hari-hari Anda makin berat, apa yang Anda kerjakan tidak maksimal, di bawah standar, bahkan juga bisa merugikan orang di sekitar Anda.

Mengeluh itu wajar. Bahkan Yesus pernah mengeluh seperti saat Ia mengeluhkan Yerusalem yang tak mau bertobat (Mat. 23:37) atau saat Ia merasa ditinggalkan Bapa-Nya saat di atas salib (Mat. 27:46). Demikian juga dengan Ayub, Daud, dll. Tapi, mereka tidak menjadikan keluhan itu sebagai kebiasaan yang terus mereka lontarkan. Sebaliknya, mereka kemudian menerima dan terus berjalan, move on! Ini juga yang kita lakukan ketika harus melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak kita kehendaki. Yesus pun berat menerima cawan penderitaan itu, tapi Ia kemudian berserah kepada Bapa dan menjalani salib-Nya dengan setia. Keadaan yang Anda hadapi mungkin terasa sangat berat untuk ditanggung. Memohon kepada Allah untuk mengangkat beban itu bisa Anda lakukan. Tapi, andai Tuhan tetap mau Anda mengangkatnya, mintalah agar Ia memberikan kekuatan pada Anda. • ARC

Mengeluh itu wajar, tapi jangan terus terpuruk dalam keluhan.

One Thought on Stop Complaining, Start Living

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pilih yang Penting

Juli 8, 2022

YOLO

Juli 8, 2022

One Thought on Stop Complaining, Start Living

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.