Tak Sesuai Harapan?

Mazmur 37:1-20

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya,
dan Ia akan bertindak;
Mazmur 37:5

 

“Saya ingin menikah pada usia 21 tahun, ingin memiliki 3-4 anak, setelah itu hidup tenang sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga. Tapi kenyataan berkata lain, saya justru bekerja bekerja lebih keras, menikah di usia hampir 40-an, dan tidak memiliki seorang anak pun!” keluh seorang wanita. Selama bertahun-tahun wanita ini terus berharap bahwa Mazmur 37:4 akan menjadi janji yang digenapi Allah, bahwa “Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.” Namun yang terjadi, Allah tidak selalu ‘akan bertindak’ (ay. 5), dan keinginan yang tak terpenuhi itu pun hanya membangkitkan kesedihan. Seperti hidup wanita ini, hidup kita pun mungkin sama sekali berbeda dari apa yang telah lama kita rencanakan. Apa respons kita ketika mengalami situasi seperti ini?

Melalui firman Tuhan hari ini Tuhan hendak menyampaikan kepada kita bahwa keinginan yang tak terpenuhi seharusnya tidak merampas sukacita dari kehidupan ini. Sebaliknya, kita harus semakin mengenal isi hati Allah, sebab Dialah yang menjadi sukacita kita. Ketika kita benar-benar mengenal Allah maka di tengah kenyataan hidup yang tak sesuai harapan itu, kita bisa berkata: “Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan” (ay. 5). Kata ‘serahkanlah’ berarti mengalihkan. Herbert Lockyear, seorang teolog berkata: Alihkanlah jalanmu kepada Tuhan, seperti seseorang yang membawa beban yang tidak dapat dipikulnya sendiri dan meletakkannya pada bahu orang lain yang lebih kuat darinya.”

Wanita Kristus, memang hal yang menyedihkan kala segala sesuatu yang kita inginkan ternyata tidak diwujudkan Tuhan. Tuhan membawa kita melalui jalan yang ternyata jauh dari rencana kita sebelumnya. Apakah kita masih tetap bersyukur karenanya? Masihkah hati kita tetap teguh dan percaya bahwa rencana-rencana-Nya akan mendatangkan kebaikan jauh lebih baik dari apa yang kita rancangkan sebelumnya? Mari menyerahkan setiap beban hidup kita kepada-Nya! Biarlah kehendak Tuhan saja yang terjadi, bukan apa yang kita inginkan yang terjadi. Memang tidak mudah, tapi yakinlah bahwa itu yang terbaik dalam hidup kita. • Sys

Masihkah kita bersyukur di saat Tuhan punya rencana yang berbeda dari rencana kita sebelumnya?

Save to Serve

Oktober 20, 2020

Merayakan Masa Tua

Oktober 20, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *