Persahabatan Tak Berakhir

RH Spirit Girls 01 Oktober 2020

1 Raja-raja 5:1-7

Hiram, raja Tirus, mengutus pegawai-pegawainya kepada Salomo, karena didengarnya, bahwa Salomo telah diurapi menjadi raja menggantikan ayahnya, sebab Hiram senantiasa bersahabat dengan Daud.
1 Raja-raja 5:1

 

Dua orang sahabat sama-sama harus terjun dalam medan perang untuk membela bangsanya. Mereka sudah mengalami suka duka bersama-sama. Hingga suatu kali, sang sahabat akhirnya harus pergi menghadap Tuhan terlebih dahulu karena terjangan peluru. Sahabat yang masih hidup merasa sangat kehilangan. Tapi meski demikian, ia segera move on. Setelah perang usai, sahabat yang masih hidup ini mengunjungi putra dari sahabatnya yang gugur di medan perang. Dan hari-harinya selanjutnya kemudian ia fokuskan untuk membantu putra sahabatnya ini tumbuh dengan baik dan jadi pria yang berhasil. Sang sahabat memang sudah meninggal puluhan tahun lalu, tapi ikatan persahabatannya ternyata nggak pernah berakhir.

Kisah di atas mirip dengan persahabatan Daud (Raja Israel) dan Hiram (Raja Tirus). Waktu Daud membangun istananya, Hiram membantunya menyediakan kayu-kayu material (2 Taw. 2:3). Setelah Raja Daud meninggal pun, Hiram tetap menunjukkan kasihnya kepada sahabatnya, Daud, dengan mendukung putra Daud, yakni Salomo, yang sedang membangun Bait Suci. “Hiram, raja Tirus, selalu bersahabat dengan Raja Daud. Ketika Hiram mendengar bahwa Salomo telah menjadi raja menggantikan Daud, ayahnya, ia mengirim utusan kepada Salomo. (1 Raj. 5:1 – BIS). Hal ini nunjukkin bahwa persahabatan Hiram dengan Daud ternyata nggak berakhir meski Daud udah meninggal.

Renungan hari ini khusus ditujukan buat kita yang hari-hari ini lagi ada masalah trus loss contact dengan sahabat kita karena sesuatu hal. Faktanya, sahabat juga adalah manusia biasa. Dan karena ia bukan superhero, maka ia bisa salah dan lalai. Kita pun kelak sebagai sahabat juga bisa salah dan lalai, kok. Karena itu, kalo sahabat ngelakuin kesalahan dan udah minta maaf, apa salahnya menerimanya kembali? Itulah kenapa kemudian ada ungkapan bestfriend forever atau sahabatan selamanya. Semua ikatan persahabatan emang seharusnya berlangsung selama-lamanya. Karena itu, jika karena maut saja persahabatan nggak bisa berakhir, masakan cuma karena sedikit kesalahan dan kelalaian saja kita berhenti nganggep seseorang sebagai sahabat? • Dian

Maut sekalipun tidak bisa mengakhiri sebuah ikatan persahabatan yang sejati.

Blessed Family

September 8, 2020

Negativity

September 8, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *