Mati Itu Menakutkan?

RH Spirit 01 April 2020

Yohanes 11:1-14

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Filipi 1:21

 

Alice Means, seorang misionaris Amerika, melayani puluhan tahun di India. Dua bulan terakhir ia terkena penyakit kanker ganas. Sebelum meninggal, ia menulis seperti ini di buku hariannya. “Dua bulan terakhir ini penuh penderitaan, tapi itu tidak boleh mengurangi rasa syukurku atas kesehatan prima dan keindahan hidup yang telah kualami lebih dari 60 tahun. Aku sudah tiba di tapal batas, sampai aku melihat Yesus berkata kepadaku, “Alice, sudah cukup. Ayo kemari, kita duduk dan beristirahat sejenak.” Yesus berjalan dan memeluk pinggangku. Ada kedamaian yang luar biasa. Inilah surga! Para dokter terheran-heran bagaimana aku bisa begitu tenang menghadapi kematian. Setelah membaca surat ini, kuharap engkau tahu mengapa.”

Kematian adalah sesuatu yang menakutkan bagi sebagian besar manusia. Namun bagi orang percaya, kematian tak seharusnya menjadi sesuatu yang menakutkan, sebab kematian hanyalah “tidur” dan berpindah dari dunia yang fana menuju surga yang kekal. Yesus sendiri mengatakan jelas tentang hal ini, “Lazarus, saudara kita, telah tertidur, tetapi Aku pergi ke sana untuk membangunkan dia dari tidurnya.” (Yoh. 11:11). Apakah tidur itu menakutkan? Jika kita “tidur” di dalam Tuhan, “tidur” itu indah karena saat kita buka mata kita sudah berada di rumah Bapa yang indah dan terbebas dari segala penderitaan dunia.

Kematian bisa menjadi sesuatu yang menakutkan kalau kita tidak dalam keadaan tidak siap. Artinya, kehidupan rohani kita mati. Kita putus hubungan dengan Tuhan. Kematian jadi sangat menakutkan jika kita tidak mengalami jaminan keselamatan dalam Yesus. Mengapa? Karena kita akan mengalami kebinasaan kekal, penderitaan dan siksa selama-lamanya. Ingatlah bahwa kematian tidak bisa kita hindari. Suatu saat kita pasti mati. Walau tidak bisa kita hindari, tapi kita bisa mempersiapkannya yaitu dengan percaya Yesus dan melakukan kehendak Bapa. Jika seperti ini, kematian bukan sesuatu yang menakutkan. Malahan, kata Paulus kematian adalah sebuah keuntungan! (Flp. 1:21). Amin? [Petrus Kwik]

Jika di dalam Kristus, kematian bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan.

Big Target

Maret 3, 2020

Label Harga [1]

Maret 3, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *