Tak Kenal Kompromi

1 Raja-Raja 15:9-24

Ia menyingkirkan pelacuran bakti dari negeri itu dan menjauhkan segala berhala yang dibuat oleh nenek moyangnya.
1 Raja-Raja 15:11

Pemimpin yang tegas, penuh integritas, dan tidak kenal kompromi. Sosok pemimpin seperti inilah yang kerap dibicarakan banyak orang untuk dapat memimpin negeri ini. Harapan begitu banyak orang ini memang patut dimaklumi karena selama beberapa dekade ke belakang, sosok pemimpin seperti ini sulit sekali ditemukan. Kita pun selalu memberi apresiasi kepada pemimpin yang mau berani mengambil keputusan yang menggebrak, sekalipun sering kali keputusan itu tidak populer, ditentang banyak orang, dan berpotensi melawan berbagai kepentingan pihak-pihak kelas kakap. Meski tentu saja keputusan itu kerap kali berujung pada berbagai gangguan dari pihak-pihak yang merasa dirugikan, tapi kepemimpinan seseorang akan diuji justru dalam menghadapi hal-hal seperti itu.

Alkitab mencatat nama Asa sebagai raja yang melakukan kebenaran di hadapan Tuhan. Kehidupan yang benar itu ditunjukkannya dengan melakukan hal-hal yang benar dengan penuh keberanian dan tanpa kompromi. Dan inilah yang dilakukannya: ia menyingkirkan pelacuran bakti (prostitusi) dari negerinya itu; ia menjauhkan (menghancurkan) segala berhala-berhala yang dibuat oleh nenek moyangnya; ia tidak segan-segan memecat Maakha, neneknya, dari pangkat ibu suri, karena ia telah membuat patung Asyera dan membuat bangsa Israel berdosa; dan Asa merobohkan serta membakar patung Asyera itu di lembah Kidron. Di awal-awal pemerintahannya (ay. 9-15), raja Asa memberi kita teladan tentang arti seorang pemimpin yang hidup benar di hadapan Tuhan yaitu ia dengan sungguh-sungguh melakukan apa yang menjadi peraturan, ketetapan, dan kehendak Tuhan.

Siapapun Anda, Tuhan memanggil kita sebagai pemimpin-pemimpin yang ditempatkan di tempat-tempat yang dikehendaki-Nya. Tentunya Ia menghendaki setiap kita menjalankan kepemimpinan dengan hidup benar di hadapan Tuhan. Apakah kita sudah hidup benar di keluarga kita? Apakah kita sudah menerapkan hidup benar di tempat kerja kita? Kiranya Tuhan mendapati kita sebagai pemimpin yang setia melakukan kehendak TUHAN, dan yang tidak kompromi dengan dosa apapun risikonya. Amin? • Sys

Seorang pemimpin sejati akan terlihat dari sikapnya yang berani mempertahankan prinsip tanpa kompromi.

Sadar Dosa

Desember 6, 2019

Membuat Perbedaan

Desember 6, 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *